News > Back

Komandan Kodim 0607 Kota Sukabumi: Jangan Mudah Percaya dengan Informasi di Medsos

Sukabumi - Iwan Gunawan - Thursday, 14 September 2017 | 09:48 WIB | Sumber: http://jabar.pojoksatu.id/sukabumi/2017/09/14/komandan-kodim-0607-kota-sukabumi-jangan-mudah-percaya-dengan-informasi-di-medsos/ | Reposted by Megaswara

POJOKJABAR.com, SUKABUMI - Komandan Kodim 0607 Kota Sukabumi, Letnan Kolonel Inf, Mohammad Mahfud As'at menghimbau kepada seluruh warga Kota dan Kabupaten Sukabumi agar tak terlalu khawatir terhadap informasi di media sosial.

Sebab, informasi tersebut dinilai belum 100 persen benar faktanya. Untuk itu, ia menyarankan kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat mengkroscek kenyataan di lapangan. Baikituyangdisebarmelalui Facebook, Tweeter, Instragram dan media sosial lainnya.

Ia juga menyebutkan, di setiap wilayah kan ada Babinsa, Bhabinkantibmas, ada kantor Polsek, kantor Koramil dan ada kantor Polres juga kantor Kodim. Sehingga, informasi aktual bisa ditanyakan kepada aparat yang berwenang.

Jangan seperti kejadian pada beberapa waktu lalu, warga merasa cemas setelah mendengar informasi dari media sosial Facebook yang dipublis melalui salah saeorang akun warga Sukabumi.

Dimana dalam statusnya menyatakan agar warga Sukabumi berhati-hati, jangan keluar malam, nanti bisa berbahaya bagi kalian. Padahal postingan itu, tidak benar. "Karena kami langsung melihat situasi dilapangan. Bahkan, saat kami melakukan pengecekan terhadap anak yang memposting status itu dan mengaku anggota salah satu berandal motor tersebut, ternyata mereka ini bukan anggotanya," jelas Mohammad Mahfud saat disambangi Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group) di Makodim 0607 Kota Sukabumi, rabu (13/9/17).

Menurut Mohammad Mahfud, jika ada seseorang yang memposting di media sosial tanpa kebenaran informasinya, ia menilai seseorang tersebut tengah mencari eksis agar dapat menjadi pusat perhatian di media sosial. Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh lapisan warga Kota Sukabumi, agar tak terlalu khawatir terhadap situasi saat ini. Sebab, Kodim 0607 Kota Sukabumi bekerjasama dengan Polres Sukabumi Kota kerap melakukan patroli di titik-titik potensi terjadinya peristiwa kriminal yang dilakukan dengan cara stimulan dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di wilayah Kota Sukabumi. "Jika warga menemukan hal-hal terjadinya keributan, segera melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek dan Koramil setempat. Jadi saya tegaskan, silahkan warga melaksanakan aktivitas seperti biasanya," bebernya.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak berupaya melakukan tindakan yang dapat menyakiti pihak lain, menjelek-jelekan, mencerca, baik itu di sosial media maupun di media umum lainnya. Sebab, sebagai warga berbangsa dan bernegara tidak boleh melakukan tindakan penistaan agama, pancasila dan budaya, karena bangsa Indonesia memiliki keragaman. Untuk itu, warga harus saling menghormati antar sesama. "Seharusnya pemilik akun Sukabumi Facebook itu, harus bisa memfi lter setiap akun yang akan mempsoting di group itu. Karena bagaimana pun juga, jika informasi tersebut tidak benar adanya, akan dapat menimbulkan keresahan warga. Ya, postingan itu harus memberikan edukasi terhadap masyarakat luas.

Apalagi ini media sosial bisa dibaca oleh publik," tandasnya. Sementara itu, Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi menjelaskan, agar seluruh warga khususnya para orang tua agar dapat menjaga ketahanan keluarga. ehingga, anakananknya dapat dijaga agar tidak dapat keluar malam hari ke jalanan. "Kami sudah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh aparat pemerintahan, mulai dari aparat kecamatan hingga kelurahan agar dapat meningkatkan pengaman di wilayahnya masing-masing. Hal ini dilakukan, sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah dalam menjaga kondusifitas Kota Sukabumi agar tetap aman dan nyaman," pungkasnya. (radar sukabumi/Cr13/t)

Sumber : http://jabar.pojoksatu.id/sukabumi/2017/09/14/komandan-kodim-0607-kota-sukabumi-jangan-mudah-percaya-dengan-informasi-di-medsos/

Comments

News

Berita

Berita

Add A Comment